Link Tadarus Virtual https://meet.google.com/ymr-xxuu-gza setiap hari mulai pukul 07.00 - 07.15
3.2. Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan
cosinus
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami konsep sinus dan cosines
Memahami hubungan antara fungsi sinus dan cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.
Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan penerapannya pada masalah nyata
Menentukan solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus atau cosinus.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus atau cosinus.
Menentukan persamaan trigonometri yang identik dengan persamaan yang diketahui mengunakan rumus jumlah dan selisih sinus cosinus.
Menentukan nilai perkalian fungsi trigonometri yang berkaitan dengan jumlah dan selisih sinus atau cosinus.
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
Ikuti petunjuk tiap materi yang ada
Silahkan dibaca dan dicermati, penjelasan berikut !
Absen dulu ya!
alokasi waktu materi ini 4 jam pelajaran
PENASARAN
bisa juga dengan versi yang anak-anak punya
silakan diperhatikan, tandai, dan semoga memunculkan pertanyaan yang hot
Silahkan dibaca dan dicermati, penjelasan berikut !
Absen dulu ya!
alokasi waktu materi ini 4 jam pelajaran (2 x 2 jp)
PENURUNAN RUMUS SINUS JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT
Bisa juga menggunakan rumus yang sudah ada yaitu kosinus
perhatikan, dan cermati jangan terlewatkan !
PELAJARI DENGAN BAIK, DAN CERMAT
rencana pempelajaran selama 2 pertemuan (2 X 2 jam pelajaran)
jangan lupa setiap ada jam pelajamat c wajib absen
apakah ada pertanyaan ?
Perhatikan dengan seksama
Cermati jangan terlewatkan
KUMPULKAN DALAM BENTUK FILE PDF, MELALUI LINK DI BAWAH INI !
Soal
1. Dalam rangka kegiatan rekreasi anak-anak melihat sebuah balon udara terbang secara vertikal. Pada pukul 10.00, sudut elevasi antara balon udara dan dasar tanah berubah menjadi 30°. Satu jam kemudian, sudut elevasi antara balon udara dan dasar tanah berubah menjadi 75°. Jika jarak antara balon udara dan tempat pengukuran sudut sebelum balon udara itu terbang adalah 150 m, berapa selisih ketinggian balon udara antara pukul 10.00 dan pukul 11.00?
2. Sebuah helikopter berada pada ketinggian 2001,5m diatas permukaan tanah dan seorang anak berdiri tepat dibawahnya. Anak berdiri tepat dihadapan sebuah gedung. Ia mengamati puncak gedung dengan tinggi pengamatan 150 cm. Jika sudut elevasi antara anak dan puncak gunung 15° dan sudut depresi antara helikopter dan puncak gedung 60°, tentukan tinggi gedung tersebut!