RUMUS KOSINUS, SINUS, TANGEN JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT

KOMPETENSI DASAR

3.2. Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus

4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan

cosinus

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep sinus dan cosines

  2. Memahami hubungan antara fungsi sinus dan cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

  3. Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan penerapannya pada masalah nyata

  4. Menentukan solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus atau cosinus.

  5. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus atau cosinus.

  6. Menentukan persamaan trigonometri yang identik dengan persamaan yang diketahui mengunakan rumus jumlah dan selisih sinus cosinus.

  7. Menentukan nilai perkalian fungsi trigonometri yang berkaitan dengan jumlah dan selisih sinus atau cosinus.

  8. Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

MATERI 4

Ikuti petunjuk tiap materi yang ada

A. Rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut

  • Silahkan dibaca dan dicermati, penjelasan berikut !

  • Absen dulu ya!

  • alokasi waktu materi ini 4 jam pelajaran

MENGAPA DAPAT SEPERTI ITU YA

PENASARAN

saya udah tak penasaran lagi

bisa juga dengan versi yang anak-anak punya

Contoh

silakan diperhatikan, tandai, dan semoga memunculkan pertanyaan yang hot

tanya xi materi 4 (Respons)

B. Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut

  • Silahkan dibaca dan dicermati, penjelasan berikut !

  • Absen dulu ya!

  • alokasi waktu materi ini 4 jam pelajaran (2 x 2 jp)

PENURUNAN RUMUS SINUS JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT

Bisa juga menggunakan rumus yang sudah ada yaitu kosinus

bukti Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.pdf
Mungkin dengan cara di samping pembuktiannya lebih simpel dan mudah dipahami, bagaimana menurut ananda ? Silakan digali cara lain

Contoh 1

perhatikan, dan cermati jangan terlewatkan !

C. RUMUS TANGEN JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT

PELAJARI DENGAN BAIK, DAN CERMAT

rencana pempelajaran selama 2 pertemuan (2 X 2 jam pelajaran)

jangan lupa setiap ada jam pelajamat c wajib absen

Perhatikan penemuan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dan contoh

apakah ada pertanyaan ?

Kalau belum memahami penjelasan di atas mungkin dengan ini akan lebih bisa dipahami

contoh 1

Perhatikan dengan seksama

contoh 2

Cermati jangan terlewatkan

PENUGASAN mANDIRI 3

KUMPULKAN DALAM BENTUK FILE PDF, MELALUI LINK DI BAWAH INI !

Soal

1. Dalam rangka kegiatan rekreasi anak-anak melihat sebuah balon udara terbang secara vertikal. Pada pukul 10.00, sudut elevasi antara balon udara dan dasar tanah berubah menjadi 30°. Satu jam kemudian, sudut elevasi antara balon udara dan dasar tanah berubah menjadi 75°. Jika jarak antara balon udara dan tempat pengukuran sudut sebelum balon udara itu terbang adalah 150 m, berapa selisih ketinggian balon udara antara pukul 10.00 dan pukul 11.00?

2. Sebuah helikopter berada pada ketinggian 2001,5m diatas permukaan tanah dan seorang anak berdiri tepat dibawahnya. Anak berdiri tepat dihadapan sebuah gedung. Ia mengamati puncak gedung dengan tinggi pengamatan 150 cm. Jika sudut elevasi antara anak dan puncak gunung 15° dan sudut depresi antara helikopter dan puncak gedung 60°, tentukan tinggi gedung tersebut!


Kumpulan tugas rumus jumsel (Respons)