mail merge

BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X

guru pengajar


Assalamu'alaikum wr. wb anak-anak kelas X. Selamat datang di pembelajaran Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK) pada pertemuan ke-4.

Apabila kalian ada kendala dalam mempelajari materi silakan hubungi saya. Berikut kontak dan sosial media saya yang dapat dihubungi :

  • Whatsapp : 082 264 605 833

  • Instagram : @inoviyan23

  • Email : inoviyan@smasa-magetan.sch.id


Semangat sekolah daring yaaa. Stay Healthy :)


Wassalamu'alaikum wr. wb

webinar

Tidak ada jadwal webinar. Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan webinar, maka akan diinformasikan secara menyusul

presensi siswa

Klik tombol presensi siswa dibawah ini untuk mengisi presensi ya. Presensi dilakukan sesuai jadwal pelajaran.

mail merge


Apa sih Mail Merge itu?

Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat. Fasilitas Mail Merge disediakan oleh Microsoft Word, dan secara sederhana dapat dipahami bahwa fitur ini digunakan untuk membuat surat masal.


Fungsi Mail Merge

Apabila kalian ingin membuat surat secara masal. Misalnya kalian ingin membuat surat yang dikirimkan ke warga satu kelurahan dengan nama, nomor rumah, identitas yang berbeda-beda. Atau, kalian ingin mengirim surat rapat yang dikirimkan ke banyak orang dengan nama yang berbeda-beda juga pastinya. Nahhh, fitur Mail Merge ini, membantu kalian dalam membuat surat masal tersebut tanpa mengeditnya satu per satu.

Jadi, Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Tidak hanya surat, fitur ini juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat. label, amplop, dll.

Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu:

  • Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.

  • Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya

Langkah-langkah membuat Mail Merge

tugas


Kamu adalah seorang sekretaris organisasi/ekstra di sekolahmu, sedang mendapat tugas dari ketuamu untuk membuat surat undangan suatu acara kegiatan. Surat tersebut harus dikirim kepada banyak orang.

Ketentuan :

  1. Pilih salah satu nama organisasi/ekstra di sekolah

  2. Tentukan acara kegiatannya

  3. Buat undangan dengan meggunakan fitur Mail Merge

  4. Undangan dikirim kepada Kepala Sekolah, 2 Pembina, dan anggota minimal 7 orang.


Note :

Silakan upload hasil pekerjaan kalian di Google Drive kalian masing-masing. Submit hanya link/URL nya saja. Jangan lupa setting hak akses yaaa.

Semangat sekolah daring. Stay Healthy :)))

submit tugas

Silakan klik button di bawah ini untuk submit tugas