Link Tadarus Virtual https://meet.google.com/ymr-xxuu-gza setiap hari mulai pukul 07.00 - 07.15
Kompetensi Inti :
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian dengan induksi matematika
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· Menjelaskan konsep kontradiksi
· Menjelaskan konsep induksi matematis
· Menjelaskan metode pembuktian langsung dan tidak langsung
· Mengidentifikasi fakta pada metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan
induksi matematika
· Menggunakan prosedur untuk menguji kesahihan pernyataan matematis dengan metode
pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematis
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan induksi matematika
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan induksi matematika
Notasi Sigma
Notasi Sigma adalah sebuah metode untuk menyederhanakan bentuk penjumlahan dari suatu barisan bilangan dan dilambangkan dengan simbol ∑. Simbol ∑ (notasi sigma) merupakan sebuah simbol huruf yang berasal dari Yunani yang mempunyai arti sebagai penjumlahan. Penggunaan notasi sigma di sini adalah untuk mencatat penjumlahan yang teratur, sehingga penulisan suatu deret bilangan yang memiliki pola tertentu dapat dituliskan dengan lebih sederhana.
VIDEO PEMBELAJARAN KLIK DI SINI https://www.youtube.com/watch?v=vGjI11A7JbU
NOTASI SIGMA DAN INDUKSI MATEMATIKA https://www.youtube.com/watch?v=jIElQFvBJGk
Webinar akan dilaksanakan pada :
hari :
tanggal :
link Webinar :
Webinar menggunakan Google Mett, silahkan mengintal aplikasi Google Mett di Smartphone dan untuk laptop cukup menggunakan browser Chrome
Aturan dalam Webinar:
Setelah join siswa langsung mute audio
Nyalakan video
Siswa tidak diperkenankan melakukan share screen(tombol share screen jangan di tekan)
Link absen di berikan di kolom chat pada saat webinar berlangsung oleh pengajar
Silahkan nyalakan audio jika sudah masuk sesi tanya jawab
PENGUMPULAN TUGAS LINK DI SINI
Amati dan cermati isi materi dalam video 1 pembelajaran di samping
lanjutkan ke video 2
UNTUK TUGAS YANG HARUS DIKERJAKAN KLIK DI SINI
Tugas hari kamis,13 Agustus 2020
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi keterbagian dalam induksi matematika !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan tugas !
TUGAS KELAS XI MIPA 1 : Selesaikan soal berikut dengan benar !
1. Suatu bilangan dikatakan habis dibagi jika hasil pembagian tersebut adalah bilangan bulat.
Sebagai ilustrasi, dibuktikan secara induksi matematika bahwa 52n +3n – 1 habis dibagi 9.
2. Buktikan bahwa 32n + 22n+2 habis dibagi 5
tugas hari senin, 24 agustus 2020
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi keterbagian dalam induksi
matematika
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan
tugas !
TUGAS : Selesaikan soal berikut dengan benar !
Buktikan bahwa n3 + 2n adalah kelipatan 3 untuk setiap n bilangan bulat positif
Buktikan bahwa 2n > n + 20, untuk setiap bilangan bulat n ≥ 5
Materi Program Linear klik di sini
Tugas hari Kamis, 3 September 2020
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Program Linear !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan tugas !
TUGAS : Selesaikan soal berikut dengan benar !
Luas daerah parkir adalah 360 meter persegi. Luas rata-rata untuk sebuah mobil adalah 6 meter persegi, dan untuk sebuah bus adalah 24 meter persegi. Daerah parkir itu tidak dapat memuat lebih dari 30 kendaraan. Andaikan banyaknya mobil yang dapat ditampung adalah x dan banyaknya bus adalah y. Tentukan sistem pertidaksamaannya
Sebuah toko bunga menjual 2 macam rangkaian bunga. Rangkaian I memerlukan 10 tangkai bunga mawar dan 15 tangkai bunga anyelir, Rangkaian II memerlukan 20 tangkai bunga mawar dan 5 tangkai bunga anyelir. Persediaan bunga mawar dan bunga anyelir masing-masing 200 tangkai dan 100 tangkai. Jika rangkaian I dijual seharga Rp. 200.000 dan rangkaian II dijual seharga Rp. 100.000 per rangkaian, maka penghasilan maksimum yang dapat diperoleh adalah ....
TUGAS HARI SENIN, 7 SEPTEMBER 2020
UNTUK MELIHAT TUGAS YANG HARUS DISELESAIKAN KLIK DI SINI
tugas hari rabu, 9 september 2020
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Program Linear !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan tugas !
TUGAS : Selesaikan soal berikut dengan benar !
Seorang tukang roti mempunyai bahan A, B dan C masing-masing sebanyak 160 kg, 110 kg dan 150 kg.
Roti I memerlukan 2 kg bahan A, 1 kg bahan B dan 1 Kg bahan C
Roti II memerlukan 1 kg bahan A, 2 kg bahan B dan 3 Kg bahan C
Sebuah roti I dijual dengan harga Rp.30.000 dan sebuah roti II dijual dengan harga Rp.50.000,
a. Buat model matematika (bentuk pertidaksamaan linear)
b. lukiskan gafik daerah penyelesaiaannya
c. Tentukan pendapatan maksimum yang dapat diperoleh tukang roti tersebut adalah
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Program Linear !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan
tugas !
TUGAS : Selesaikan soal berikut dengan benar !
Sebuah perusahaan properti memproduksi dua macam lemari pakaian yaitu tipe lux dan tipe sport dengan menggunakan 2 bahan dasar yang sama yaitu kayu jati dan cat pernis. Untuk memproduksi 1 unit tipe lux dibutuhkan 10 batang kayu jati dan 3 kaleng cat pernis, sedangkan untuk memproduksi 1 unit tipe sport dibutuhkan 6 batang kayu jati dan 1 kaleng cat pernis. Biaya produksi tipe lux dan tipe sport masing-masing adalah Rp 40.000 dan Rp 28.000 per unit. Untuk satu periode produksi, perusahaan menggunakan paling sedikit 120 batang kayu jati dan 24 kaleng cat pernis. Bila perusahaan harus memproduksi lemari tipe lux paling sedikit 2 buah dan tipe sport paling sedikit 4 buah.
a. Buat model matematika (bentuk pertidaksamaan linear)
b. tuliskan fungsi tujuan
c. lukiskan gafik daerah penyelesaiaannya
d. tentukan banyak lemari tipe lux dan tipe sport yang harus
diproduksi agar biaya produksinya minimum dan berapa besar
biaya minimumnya ?
Petunjuk :
Karena yang ditanya adalah biaya produksi minimum, maka ongkos produksi masing-masing tipe lemari merupakan fungsi tujuannya. Bila kita misalkan tipe lux = x dan tipe sport = y, maka fungsi tujuannya adalah sebagai berikut :
F(x,y) = ....... x + ....... y
tugas hari kamis, 17 september 2020
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Program Linear !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan
tugas !
TUGAS : Selesaikan soal berikut dengan benar !
Diketahui sistem pertidaksamaan x + y ≤ 8 ; 3 ≤ x ≤ 6 ; x + y ≥ 5 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0. Tentukan nilai
minimum dari 12x + 23y pada daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan tersebut !
2. Seorang penjahit ingin membuat dua jenis gaun. Gaun jenis I memerlukan 1 m kain sutera dan 1,5 m kain linen, sedangkan gaun jenis II memerlukan 2 meter kain sutera dan 0,5 m kain linen. Persediaan kain 20 m kain sutera dan 15 m kain linen. Jika penjahit tersebut menginginkan keuntungan untuk gaun jenis I Rp 15.000,00 dan untuk gaun jenis II sebesar Rp 20.000,00 .
Tentukan keuntungan maksimum yang di dapat penjahit tersebut !
tugas hari senin, 21 september 2020
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Program Linear !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan tugas !
TUGAS : Selesaikan soal berikut dengan benar !
Seorang pengusaha perumahan mempunyai lahan tanah seluas 10.000 m2 yang akan dibangun rumah tipe I dan tipe II. Rumah tipe I memerlukan tanah seluas 100 m2 dan rumah tipe II memerlukan tanah seluas 75 m2. Jumlah rumah yang dibangun paling banyak 125 unit. Rumah tipe I dijual dengan Rp250.000.000,00 per unit dan rumah tipe II dijual dengan harga Rp200.000.000,00 per unit.
a. buat model matematika !
b. lukis daerah penyelesaiaannya !
c. Tentukan penghasilan maksimum yang dapat diperoleh pengusaha perumahan tersebut !
pelajari materi matrik klik di sini
tugas tentukan sifat sifat yang berlaku pada operasi matriks dan masing-masing buat contohnya !
TUGAS HARI SENIN, 28 SEPTEMBER 2020
TUGAS MATRIKS KLIK DI SINI
Tugas hari rabu, 21 oktober 2020
Pelajari materi invers Matriks persegi dan buat tiga contoh soal beserta penyelesaiannya menentukan invers suatu matriks !
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Matriks !
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan
tugas !
TUGAS 1 : Selesaikan soal berikut dengan Klik di sini
Tugas 2 : Buat contoh matriks ordo 3x3 kemudian tentukan inversnya !
Tugas 3 : Tentukan nilai x , y dan z dari persamaan berikut dengan cara matriks
x + y + z = 6
2x - y + z = 3
x + 3y - z = 4
jangan lupa isi presensi
XI MIPA 1 SILAHKAN KLIK DI SINI
XI MIPA 2 SILAHKAN KLIK DI SINI
PETUNJUK :a. Isi terlebih dulu daftar presensi anda di link presensi !
b. Pelajari materi Transformasi geometri dari buku matematika A kelas XI atau dari internet
c. Hasil pekerjaan segera kirim di link pengumpulan tugas !
TUGAS : Pelajari materi Translasi, Refleksi, Rotasi dan dilatasi
Kemudian masing-masing buat satu contoh soal !
PENGUMPULAN TUGAS KLIK DI SINI