KERAJINAN

  • JENIS KERAJINAN BERDASARKAN KEBUTUHAN LINGKUNGAN SEKITAR/PASAR LOKAL

Setiap daerah memiliki jenis kerajinan lokal yang menjadi unggulan daerah. Prnengan jumlah poduk yang unik dengan jumlah yang terbatas dapt memiliki harga jual yang tinggi.
  1. jenis Kerajinan untuk Kebutuhan Pasar Lokal.

a. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar. Berdasarkan luasannya pasar dapat dibedakan menjadi :

  • Pasar Lokal

  • Pasar Nasional

  • Pasar Global / Internasional

b. Jenis-jenis Produk Kerajinan untuk Pasar Lokal

Ada banyak jenis kerajinan untuk pasar lokal, karena kebutuhan kerajinan pasar untuk setiap daerah berbeda-beda. Misalnya di Yogyakarta pasar Beringhrjo sebagai tempat penjualan kerajinan khas daerah.

  • Batik, adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain, kemudian kain dibatik. Pasar lokal batik di Indonesia adalah Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, Bali, Kalimantan dll.

  • Arca, kerajinan patung dari cairan lava panas yang membeku dan telah menjadi bebatuan di dekat lereng gunung berapi. Kerajinan arca berasal dari Magelang, Yogyakarta, Bali, dll

  • Gerabah, menghasilkan perkakas rumah tangga atau alat rumah tangga seperti : kendi, periuk, tempayan, anglo, celengan, dll

  • Songket, merupakan jenis kain tenunan tradisional khas rumpun Melayu di Indonesia. Kain songket ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak. Kain songket berasal dari Palembang, Minangkabau, Bali, Lombok, Sambas, Sumba, Makassar dan daerah lainnya.


BATIK

ARCA

GERABAH

SONGKET NUSANTARA

  • Perencanaan Usaha Kerajinan untuk Pasar Lokal.

Pasar sasaran adalah kelompok pasar dan konsumen yang ditargetkan untuk membeli suatu produk.

  1. Identifikasi kebutuhan pasar lokal.

Ide pengembangan produk untuk pasar lokal dapat diperoleh dengan mengenali kebiasaan pasar sasaran di daerah setempat.

  1. Identifikasi dan pemilihan pasar sasaran.

Salah satu cara untuk mengetahui selera dan daya beli dari pasar sasaran yang dituju adalah dengan menyebarkan kuisioner. Data tentang selera dan daya beli dipasar sasaran akan menjadi pertimbangan dalam pengembangan design kerajinan dan selanjutnya dilakukan penetapan pasar sasaran dari produk kerajinan untuk pasar lokal.

Lihat Video berikut ini, ide kreatif apa yang dapat dipetik dari video ini?