KD 3.1


kompetensi dasar (kd 3.1)

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain


TujuanPembelajaran

Melalui pembelajaran Think Pair And Share dan problem based learning peserta didik dapat memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah, sehingga peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggung jawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).serta memiliki sikap jujur, disiplin dan kerjasama.


MateriPembelajaran

Lihat dan baca pada BukuTeks

Sri Lestari, Dwi Maryati : SEJARAH INDONESIA untuk SMA/MA kelas X (Wajib); penerbit Media Tama


KD 3.1 Konsep Berfikir Kronologis, Diakronis, Sinkronis, Ruang dan Waktu dalam Sejarah.pptx

tugas mandiri

Ayoo berlatih!

Setelah kalian memahami uraian singkat materi dan contoh di atas, maka:

1. Apakah cara berfikir kronologis/diakronis dalam mempelajari sejarah ?

2. Bagamana manfaat penulisan sejarah yang menerapkan konsep kronologis?


daftar hadir


petunjuk pengumpulan tugas

untuk pengumpulan tugas dikirim di Google Classroom