TEKS CERAMAH 2 DAN BUKU NONFIKSI

  1. TEKS CERAMAH


STANDAR KOMPETENSI DASAR TEKS CERAMAH

3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah

4.6 Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

TUJUAN PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :

  1. Menghayati dan mengamalkan materi Teks Ceramahsebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya

  2. Menguasai materi Teks Ceramahdengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi Teks Ceramahyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Teks Ceramahyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

MATERI TEKS CERAMAH

  1. POKOK BAHASAN INI UNTUK 3 (TIGA) PERTEMUAN

  2. BACA DAN PELAJARI MATERI BERIKUT :

PAPARAN CERAMAH.ppt

TUGAS MANDIRI TEKS CERAMAH

  1. Setelah Mempelajari Materi Teks Ceramah, kerjakan tugas berikut ini

  2. Buatlah contoh Teks Ceramah dengan memperhatikan :

2.1. Tema Pendidikan

2.2. STRUKTUR TEKS CERAMAH

2.3. UNSUR KEBAHASAAN

  1. Tugas dikumpulkan pada akhir pertemuan ke 2 (dua)

  2. Kumpulkan pada tempat yang tersedia.

  3. Jangan lupa memasukkan TOKEN

2. BUKU NONFIKSI

STANDAR KOMPETENSI DASAR :

3.1. Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.

3.2. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.

4.1. Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas

3.3. Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.

3.4. Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.

4.2. Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

TUJUAN PEMBELAJARAN BUKU NONFIKSI :

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :

  1. Menghayati dan mengamalkan materi buku fiksi sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya

  2. Menguasai materi buku fiksi dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi buku fiksi yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi buku fiksi yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

MATERI BUKU NONFIKSI :

  1. POKOK BAHASAN INI UNTUK 4 (EMPAT) PERTEMUAN

  2. BACA DAN PELAJARI MATERI MENDAPATKAN INFORMASI YANG ADA PADA BUKU NONFIKSI

  3. PELAJARI MATERI YANG ADA DI BUKU PAKET.

  4. JIKA MENGALAMI KESULITAN PEMAHAMAN, DIDISKUSIKAN DENGAN KELOMPOK BELAJARNYA

  5. HASILNYA DISIKUSIKAN PADA SAAT KBM TATAP MUKA

TUGAS MANDIRI BUKU NONFIKSI :

TUGAS KE-1 :

Laporkan hasil pencarian buku Nonfiksi dengan format :

  1. Judul buku

  2. Pengarang

  3. Penerbit

  4. Tahun terbit

  5. Kota tertbit

  6. Jumlah Halaman

Tugas dikumpulkan pada pertemuan ke-2 (dua)

TUGAS KE-2 :

Buatlah Intisari/Ikhtisar buku Nonfiksi tersebut dengan format :

  1. Judul Laporan : (EX : IKHTISAR BUKU NONFIKSI)

  2. Identitas Buku :

2.1. Judul

2.2. Pengarang

2.3. Penerbit

2.4. Tahun Terbit

2.5. Kota Terbit

2.6. Jumlah Halaman

  1. Ikhtisar/Intisari :

Berisi tentang informasi yang disampaikan setiap BAB/SUB BAB/ BAGIAN .....secara singkat.

Tugas dikumpulkan paling lambat pada pertemuan ke-4

FORMAT TUGAS MANDIRI :