Mujahadah an Nafs, Husnudzan dan Ukhuwah

KOMPETENSI DASAR

1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama

2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait

3.1 Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

4.1 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf;

4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih danl ancar.

4.1.3 Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an- nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui model pembelajaran Braiding Methode, Daring, Blended Learning, Performance peserta didik dapat menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah), dan mampu menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri, prasangka baik, dan persaudaraan. Dan dapat membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf serta mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar. Sehingga siswa dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreativitas (4C).

PENDATAAN SISWA

Isilah pendataan berikut dengan sebenar-benarnya!

  1. X MIPA 7

  2. X MIPA 8

  3. X IIS 1

  4. X IIS 2

PRESENSI

Sebelum memasuki materi ini silahkan untuk klik pada kolom absensi ya!! Pilih sesuai kelas kalian. Karena absensi menentukan penilaian..ok!

pendahuluan

Sebelum masuk pada materi, alangkah baiknya kalian sudah mempersiapkan diri untuk memulai belajar. Materi Mujahadah an Nafs, Husnudzan dan Ukhuwah akan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Untuk itu kalian diharapkan bisa aktif dalam mempelajari materi ini. Setelah kalian benar-benar paham akan materi ini, di akhir akan ada evaluasi harian. Bagi kalian yang lulus kompetensi maka dapat melanjutkan ke materi berikutnya, bagi yang belum lolos maka mengulang kembali. Dan jangan lupa di setiap pembelajaran untuk melakukan absen.

petunjuk pembelajaran

Sebelum mengerjakan tugas, silahkan kalian pahami petunjuk pembelajaran Mapel PAI dan BP melalui aplikasi IOS SMAN 1 Magetan ini ya.

  1. Setiap siswa wajib mengikuti kegiatan tadarus pagi, sesuai jadwal yang telah dibagikan

  2. Setiap siswa diwajibkan mengisi absen online pada kolom yang sudah disediakan

  3. Setiap pertemuan mengisi absen, sesuai jadwal pelajaran yang telah diberikan dari sekolah

  4. Pahami materi yang disajikan, dan kerjakan tugas sesuai petunjuknya

  5. Setiap tugas / aktivitas di tiap pertemuan akan ada soal latihan, silahkan isikan jawaban kalian pada kolom lembar jawab yang disediakan.

  6. Tugas pada setiap pertemuan dikumpulkan sesuai jadwal pertemuan.

  7. Pertemuan pada bab ini akan dilakukan sebanyak 3 kali, dipertemuan ke 4 akan ada penilaian harian, atau uji kompetensi yang soalnya akan diberikan oleh guru pada waktu yang sudah ditetapkan.

  8. Password untk mengerjakan soal diberikan 10 menit sebelum uji kompetensi dilakukan.

  9. Apabila terdapat kesulitan dalam mempelajari bab ini, silahkan konsultasikan melalui WA grup.

MATERI

Pahami dan cermati materi di bawah ini, kemudian ikuti petunjuknya!

Pertemuan Pertama

Buku Kelas X Siswa SMA.pdf

Untuk menambah wawasan kalian sebagai buku pegangan PAI. silahkan kalian Download buku PAI di samping ini. Dan untuk menambah wawasan bacalah materi dari halaman 1 sampai 22.

Pahami wacana berikut ini! Dan jawablah pertanyaannya.

Sumber Buku Paket PAI dan BP untuk SMA kelas X

Aktivitas 1

Setelah kalian membaca kisah tersebut, bagaimana perasaan kalian ? Apa yang akan kalian lakukan ? Apakah akan mengikuti "ajakan setan" agar hawa nafsumu terpenuhi atau kalian akan melawannya? Lalu pesan moral apa yang bisa kalian ambil ? Apa kaitannya dengan perilaku remaja saat ini, khususnya pada saat pandemi ini?

Tulis jawaban kalian pada pada buku tugas!

Aktivitas 2.

  1. Jelaskan fenomena apa yang sedang terjadi pada gambar di samping?

  2. Analisislah dengan berfikir tingkat tinggi tentang penyebab-penyebab terjadinya fenomena kehidupan tersebut?

  3. Kaitkan potret kehidupan di samping dengan salah satu ayat yang sedang kamu pelajari!

  4. Menurut kamu apa solusi jitu untuk menghindari terjadinya hal tersebut?

  5. Apakah hal tersebut bisa mempengaruhi kehidupan para remaja saat ini?

Tulis jawaban kalian pada buku tugas!

Aktivitas 3.

Silaturahmi salah satu bagian dari mempererat ukhuwah dalam Islam. Apa yang bisa kalian pahami dari gambar kegiatan di samping. Menurut kalian apakah baik dilakukan atau tidak, berilah alasan kalian. Apakah di lingkungan sekitar kalian juga berlaku hal yang sama ? Bagaimana bentuk toleransi antar umat beda agama yang ada di sekitar lingkungan kalian?

Tulis jawaban kalian pada buku tugas !

PENGUMUMAN!!!

Silahkan kirim tugas aktivitas 1, 2 dan 3 pada kolom yang tersedia. Kumpulkan sampai tanggal 10 Agustus

Pertemuan Ke Dua

Perhatikan dan pahamilah materi berikut ini! Dan jawablah pada lembar jawab yang sudah disediakan! Untuk tugas aktivitas 4, 5 . Kirim dalam bentuk file PDF.

Aktivitas 4

Lihatlah video pembelajaran di samping, pahami dan cermati.

  1. Simpulkan apa yang kalian dapatkan dari materi yang disampaikan.

  2. Orang-orang yang mampu menjaga hawa nafsunya akan tenang dalam hidupnya. Ini berkaitan dengan kesabaran. Berikan pendapat kalian mengenai hubungan antara kontrol diri dan kesabaran!

  3. Apakah kalian termasuk orang yang bisa menahan amarah? Berilah alasanmu!

  4. Bagaimana cara kalian menumbuhkan sikap husnudzan terhadap orang-orang di lingkungan sekitarmu?

HUKUM BACAAN ( TAJWID)

Pahami bacaan tajwid pada QS. Al Hujurat ayat 10 dan 12 berikut ini!

Aktivitas 5

Pahamilah video berikut ini !

  1. Apa yang dapat kalian simpulkan dari video di samping

  2. Bagaimana cara kalian agar bisa membaca Al Qur'an dengan baik dan benar?

  3. Sudahkah kalian memahami apa itu ilmu tajwid?

  4. Sejauh manakah kalian memahami ilmu tajwid?

  5. Tulislah kembali Tajwid yang telah kalian amati dan pelajari dari video ini!

Silahkan kirim tugas pada kolom yang disediakan. Untuk Tugas aktivitas 4 dan 5.

Pertemuan Ke Tiga

  1. Buatlah video hapalan QS. Al Hujurat ayat 12. dengan durasi maximal 15 menit. Tidak boleh membaca arti dan wajib menjelaskan 2 hukum bacaan yang ada pada ayat tersebut. Dikumpulkan sampai hari kamis tgl. 6 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

  2. Kerjakan bagian ayo berlatih di buku tugas ya.

2. UJI KOMPETENSI

Kerjakan Penilaian Harian berikut !

webinar

Webinar akan dilaksanakan pada :

  • Kelas X MIPA 7 Hari Selasa Jam Keempat Link :

  • Kelas X IIS 2 Hari Rabu Jam Ketiga Link :

  • Kelas X MIPA 8 Hari Kamis Jam Kedua Link :

  • Kelas X IIS 1 Hari Jum;at Jam Kedua Link :

Webinar menggunakan Google Meet. Silahkan siswa menginstal aplikasi Google Meet di Smartphone nya masing-masing dan untuk laptop cukup menggunakan browser chrom.


Aturan pada saat webinar :

  • Siswa join 10 menit sebelum dimulai

  • Setelah siswa join langsung mute audionya.

  • Wajib menyalakan video

  • Siswa tidak diperkenankan melakukan share screen

  • Silahkan nyalakan audio apabila masuk pada sesi tanya jawab

  • Jadwal webinar bisa berubah-ubah, maka harus memperhatikan setiap perubahan

ayo berlatih

Untuk lebih memahami materi silahkan kalian berlatih tentang hukum bacaan tajwid.

Apa yang kamu ketahui tentang :

  1. Ikhfa'

  2. Idzhar

  3. Iqlab

  4. Idghom bighunnah

  5. Idghom bilaghunnah

Berilah masing-masing 2 contoh bacaannya. Kerjakan di buku tugas .

Kerjakan evaluasi di buku paket Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kementerian Agama tahun 2019. Yang ada di Materi di atas ya!

Evaluasi hal. 23 - 27 Bagian A sampai dengan B

HASIL UJI KOMPETENSI

Berikut disajikan hasil uji kompetensi kalian. Bagi yang sudah lolos uji kompetensi bisa melanjutkan ke materi selanjutnya. Akan tetapi bagi yang belum lolos uji kompetensi maka harus mengerjakan soal uji kompetensi ulang! Silahkan cek hasil nilai kalian ya. Bagi yang sudah di atas KKM maka boleh melanjutkan ke materi selanjutnya.

pengumuman

Bagi yang belum lolos KKm bisa mengerjakan remedial sesuai dengan jam PAI ya.

X IA 7.xlsx
X IA 8.xlsx
X IS 1.xlsx
X IS 2.xlsx

REMEDIAL

Berikut ini bagi yang belum mencapai nilai minimal 80 maka wajib mengikuti remedial. Silahkan klik soal di samping.