Link Tadarus Virtual https://meet.google.com/ymr-xxuu-gza setiap hari mulai pukul 07.00 - 07.15
Sebelum kita belajar marilah sejenak kita berdoa kepada Alloh SWT, semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya, diberikan kemudahan dalam segala urusan, bersyukur atas segala kenikmatan yang Alloh berikan kepada kita dan semoga ilmu yang kita pelajari membawa manfaat. Berdoa disilahkan.
Klik tombol presensi siswa dibawah ini untuk mengisi presensi ya. Presensi dilakukan sesuai jadwal pelajaran.
Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing.
Perkembangan game dimulai pada sejak tahun 1950 an di Universitas Manchester (Manchester Mark 1), Universitas Cambridge (EDSAC), Universitas Pennsylvania (EDVAC) dan Universitas Princeton (mesin IAS), disini lah tempat bermulanya video game yang menjadi hiburan kita sehari – hari. Sebelumnya, video game dibagi menjadi tiga kategori : yaitu program pelatihan dan pengajaran, program penelitian dan program demonstarasi untuk menghibur masyarakat.
Ada kemungkinan bahwa video game pertama yang dibuat bertujuan untuk menghibur masyarakat adalah Tennis For Two yang dirancang oleh William Higinbotham dan dibangun oleh Robert Dvorak di Bethoven National Library pada tahun 1958, dirancang demi memberikan hiburan masyarakat di agenda tahunan open house Brookhaven, game ini menggunakan komputer yang bersistem analog ,namun Higinbotham tidak merencanakan ini untuk dikomersilkan karna dimasa lalu alat – alat yang dibutuh kan untuk memainkan game ini sangat lah langka dan mahal.
Elemen-elemen dasar dari sebuah game menurut Dillon dalam Soewandi (2017:96) adalah:
a. Game Rule
Game rule merupakan aturan perintah, cara menjalankan, fungsi objek dan karakter di dunia permainan dunia game. Dunia game bisa berupa pulau, dunia khayalan, dan tempat-tempat lain yang sejenis yang dipakai sebagai setting tempat dalam permainan game.
b. Plot
Plot biasanya berisi informasi tentang hal-hal yang akan dilakukan oleh player dalam game dan secara detail, perintah tentang hal yang harus dicapai dalam game.
c. Theme
Di dalam sebuah game biasanya terdapat suatu pesan moral yang akan disampaikan.
d. Character
Pemain sebagai karakter utama maupun karakter yang lain yang memiliki ciri dan sifat tertentu.
e. Object
Merupakan sebuah hal yang penting dan biasanya digunakan pemain untuk memecahkan masalah, adakalanya pemain harus memiliki keahlian dan pengetahuan untuk bisa memainkannya.
f. Text, Graphic, and Sound
Game biasanya merupakan kombinasi dari media teks, grafik, ataupun suara, walaupun tidak harus seluruh komponen tersebut ada dalam sebuah game.
g. Animation
Animasi ini selalu melekat pada dunia game, khususnya untuk gerakan karakter-karakter yang ada dalam game, properti dari objek.
h. User Interface
Merupakan fitur yang mengkomunikasikan user dengan game.
Elemen-elemen game menurut Duke dalam Riwinoto dkk (2016:29) sebagai dasar dalam membuat game yang baik ada 11 elemen, yaitu :
a. Format
Mendefinisikan struktur dari game. Sebuah game terdiri dari beberapa level, dan setiap level tersebut memiliki fungsinya masing-masing.
b. Rules
Di dalam sebuah game, harus terdapat perjanjian atau peraturan yang tidak dapat dirubah oleh para pemain. Oleh karena itu, dalam memainkan suatu game, pemain harus patuh dan bermain sesuai aturan yang berlaku.
c. Policy
Policy atau kebijaksanaan dapat didefinisikan sebagai aturan yang bisa dirubah atau dipengaruhi oleh pemain. Dengan adanya elemen ini, maka pemain akan dapat menggunakan dan mengembangkan strategi dalam bermain game sesuai kemampuan dirinya.
d. Scenario
Scenario merupakan alur cerita yang digunakan sebagai kerangka atau acuan dalam bermain game.
e. Events
Events merupakan suatu kejadian yang menjadi tantangan sekaligus menambah keceriaan dalam bermain game. Contoh event dalam game diantaranya adalah berupa konflik, dan kompetisi.
f. Roles
Roles merupakan sebuah gambaran dari fungsi dan aktifitas yang dapat dibagi antar pemain dalam bermain game. Role ini tidak terbatas pada satu pemain saja. Menggunakan dua pemain atau lebih dalam role yang sama, akan memberikan keuntungan tersendiri, karena mereka bisa saling belajar dari keberhasilan dan kesalahan masing-masing pemain.
g. Decisions
Decisions merupakan suatu keputusan yang harus diambil oleh si pemain di dalam bermain game. Mengambil keputusan yang salah terhadap suatu kejadian dalam bermain game, akan dapat menjadi pelajaran yang penting bagi pemain, sehingga kesalahan tersebut tidak akan terulang lagi nantinya. Bagaimanapun juga, jika pemain terlalu banyak melakukan kesalahan, kemudian tidak dapat bertanding kembali dengan pemain lain, maka ketertarikannya terhadap suatu game akan menjadi hilang.
h. Levels
Sebuah game perlu memiliki level tingkat kesulitan agar game tersebut lebih menarik dan menantang, serta dapat digunakan oleh masyarakat luas.
i. Score Model
Score model merupakan instrument yang digunakan untuk menghitung, mendata, dan menampilkan hasil dari permainan yang dimainkan. Score model ini menjadi suatu alat yang sangat penting agar game menjadi lebih menarik.
j. Indicators
Indicators memberikan pemain suatu isyarat (hints) terhadap raihan atau pencapaian yang telah mereka lakukan. Elemen ini sangat penting untuk menjaga agar pemain bisa selalu termotivasi dan focus dalam bermain.
k. Symbols
Bentuk visual dari simbolisasi element, aktivasi, dan keputusan. Pemilihan symbol yang tepat akan membantu pemain dalam memahami dan bermain game.
Menentukan Tema dan Konsep Game (platform game yang akan dibuat misalnya berbasis android, iOS, atau dekstop)
Menentukan software pengembang untuk Game tersebut.
Mengenal user interface dari software pengembang dari game
Merancang game (merancang aset, diantaranya : karakter, tilemap, background, backsound, dll)
Mengembangkan game
Ada banyak software pengembang untuk game. Pada kali ini kita akan menggunakan Construct 2.
Ada banyak software pengembang untuk game. Pada kali ini kita akan menggunakan Construct 2. Sebelumnya mari kita pelajari bagaimana cara meninstallnya kemudian ke bagian mengenal user interfacenya
Silakan perhatikan video tutorial untuk menginstall construct 2
Silakan perhatikan di samping untuk mengenali user interface pada Construct 2
Silakan install aplikasi Construct 2 pada komputer atau laptop kalian. Kemudian silakan pelajari tentang user interfacenya. Silakan dowload aplikasi dengan menekan button "dowload aplikasi" di bawah ini atau juga dapat mengunjungi webnya, silakan pilih versi yang kalian inginkan di https://www.scirra.com/construct2/releases
Semangat sekolah daring. Stay Healthy :)))