KD 3.2


kompetensi dasar

3.2 Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah

4.2 Menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa sejarah




TujuanPembelajaran

Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan dan presentasi, melalui pembelajaran metode Problem Based Introduction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) atau Problem Based Learning, peserta didik dapat memahami dan menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa sejarah mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dengan baik. Sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikirkritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).



MateriPembelajaran

Lihat dan baca pada BukuTeks

Sri Lestari, Dwi Maryati : SEJARAH INDONESIA untuk SMA/MA kelas X (Wajib); penerbit Media Tama

KD 3.2 Konsep Perubahan dan Keberlanjutan dalam Sejarah.pptx

tugas mandiri

Ayooberlatih!

Sebelum Anda menyelesaikan masalah di atas, manfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah Anda miliki untuk menemukan aturan, hubungan, dan struktur-struktur yang belum diketahui dalam permasalahan.

Coba ikuti dan jawab pertanyaan berikut agar pikiran Anda tertuntun dengan baik!

1. Dalam peristiwa-peristiwa sejarah, sebenarnya terdapat konsep perubahan dan keberlanjutan, coba jelaskan apakah yang dimaksud konsep Perubahan dan Keberlanjutan dalam sejarah?

……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2. Bagaimana proses terjadinya “Kepulauan Indonesia” dihubungkan dengan konsep Perubahan dan Keberlanjutan? Seperti apa?

……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Apa hubungan antara proses terbentuknya kepulauan Indonesia dengan potensi kebencanaan yang ada?

……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Setelah Anda memahami uraian singkat materi di atas, coba diskusikan dengan teman Anda soal berikut ini:



daftar hadir

Link nya di classroom

petunjuk pengumpulan tugas

untuk pengumpulan tugas dikirim di Google Classroom