ESQ Mendasari Perencanaan Masa Depan

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik memahami tentang kecerdasan dalam belajar (IQ, EQ)

  2. Peserta didik dapat memahami pengertian kecerdasan

  3. Peserta didik dapat memahami cari melatih/mengembangkan potensi yang dimiliki

presensi

Silakan absen sesuai kelas

materi

Perteman Pertama

Pemahaman EQ ( Emotional Quotient)

Kecerdasan Emosi sering disebut sebagai EQ ( Emotional Quotient) penemunya adalah Daniel Goleman, 1995. EQ adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahap menghadapi frustasi., mengendalikan dorongan hati, dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar tidak stres tidak melumpuhkan kemampuan berfikir, berempati dan berdoa. ( Sukidi, 2002).

Akal sehat

Logika tanpa nurani tidak akan menghasilkan apapun, sebaliknya nurani tanpa logika juga tidak akan menghasilkan apapun. Kerjasama antara logika dan nurani menghasilkan sesuatu yang lazim disebut akal. Akal sehat adalah representasi dari sejumlah logikadan nurani yang disusun secara sistematis, seimbang dan harmonis.

Perhatikan gambar tentang akal sehat.

Tugas

Pahami materi di atas!

Pertemuan ke dua

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional

a. Faktor lingkungan keluarga

Keluarga subjek adalah keluarga yang selalu menekankan pentingnya hidup mandiri, berdisiplin dan selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu.

b. Faktor lingkungan pendidikan sekolah

Di sekolah subjek tidak hanya mendapatkan pelajaran biasa saja, tetapi subjek juga mengikuti kegiatan organisasi dan kegiatan olahra.

Komponen kecerdasan emosional

  1. Kesadaran diri

  2. Mengelola emosi

  3. Memotivasi diri

  4. Mengenali emosi orang lain

Tugas

Jelaskan eksistensi diri sebagai :

  1. makhluk Tuhan

  2. makhluk sosial

  3. makhluk lingkungan

Pengumpulan tugas

Kerjakan dalam bentuk documen, kumpulkan ke ketua kelas , jadikan 1 file . Kirim ke WA guru,