3.3. Klasifikasi Makhluk Hidup

KOMPETENSI DASAR

3.3. Memahami prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom

4.3 Menyajikan kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup


TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapat menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dan dapat menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup, sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).


Dita dan Dito berkunjung ke kebun paman. Di kebun paman terdapat tumbuhan pepaya, buah naga, jambu, mangga, jeruk nipis, lemon, sawi putih, sawi hijau, caisim, bayam, bunga kol, cabai rawit, cabai merah, terung, kacang tanah dan kedelai. Diantara tumbuhan-tumbuhan tersebut menunjukkan variasi bentuk, warna dan ciri lainnya. Agar mudah mempelajari berbagai tumbuhan tersebut, Dita dan Dito mengelompokkannya dalam beberapa kelompok. Dita mengelompokkan tumbuhan tersebut dalam tiga kelompok yaitu sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Sedangkan Dito mengelompokkan tumbuhan tersebut ke dalam kelompok sawi-sawian, terung-terungan, cabai-cabaian, jeruk-jerukan, dan kacang-kacangan. Hasil pengelompokan yang dilakukan Dita dan Dito keduanya benar.

Pertanyaan :

1. Bagaimana Dita dan Dito dapat mengelompokkan tumbuhan yang diamati?

2. Mengapa hasil pengelompokan Dita dan Dito berbeda?

3. Adakah hubungan kekerabatan antar tumbuhan yang diamati Dita dan Dito?

bahan ajar klasifikasi.docx

Bacalah materi di samping ini !


Kegiatan Belajar 1

  1. Sebagaimana hasil pengamatan Dita dan Dito makhluk hidup sangat beraneka ragam. Agar mudah mempelajarinya, mereka melakukan klasifikasi. Bacalah buku teks pelajaran kalian, setelah itu rumuskan arti klasifikasi menurut pemahaman kalian!

...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  1. Setelah memahami arti klasifikasi, uraikan tujuan dan manfaat dari klasifikasi makhluk hidup

a. Tujuan klasifikasi...........................................................................................................................................

b. Manfaat klasifikasi.....................................................................................................................................

  1. Jelaskan cara klasifikasi makhluk hidup !

  2. Tuliskan aturan nomenclatur binomial dalam penulisan nama spesies makhluk hidup !

  3. Jelaskan sistem klasifikasi manhluk hidup : sistem alamiah, sistem buatan dan sistem filogenetik!

  4. Tuliskan tingkatan takson pada hewan dan manusia !

  5. Buatlah klasifikasi pada manusia dan padi!

  6. Jelaskan sistem klasifikasi 5 kingdom !

Kegiatan Belajar 2

Sistem Klasifikasi- Membuat Kladogram.mp4

Pelajari video di samping ini !

Kerjakan kladogram dalam video tersebut !

Carilah berbagai hewan yang dikumpulkan dari lingkungan sekitar, misalnya, serangga, ikan, cacing, cecak, dan bekicot !

Buatlah kunci determinasi dari hewan tersebut dengan menggunakan tabel di samping !


CLADOGRAM 1.mp4

Pelajari juga kladogram berikut ini !


SOAL REMIDI :

1. Identifikasilah nama makhluk hidup yang memiliki kekerabatan paling dekat !

a. Canis familiaris

b. Felis domesticus

c. Canis lupus

d. Felis domesticus

e. Mus domesticus

f. Felis noncolor

2. Tulislah 3 nama ilmiah makhluk hidup dengan benar! Tunjukkan posisi genus dan petunjuk spesiesnya!

a. Jati c. mangga

b. Pisang d. bunga sepatu

3. Tuliskan klasifikasi pada :

a. Jati c. mangga

b. Pisang d. bunga sepatu

Hasil pekerjaan dikumpulkan di pengumpulan tugas masing-masing kelas.


SOAL PENGAYAAN : (bagi siswa yang sudah tuntas )

Tuliskan klasifikasi pada :

a. anjing d. kelapa

b. kucing e. kamboja

c. harimau f. pepaya

Kumpulkan hasil pekerjaan kalian di pengumpulan tugas masing-masing kelas !