KONSEP BERPIKIR DALAM SEJARAH

KONSEP BERPIKIR DALAM SEJARAH

KOMPETENSI DASAR

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran Think Pair And Share dan problem based learning peserta didik dapat memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah, sehingga peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggung jawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).serta memiliki sikap jujur, disiplin dan kerjasama.

MATERI

KD 3.1 Konsep Berfikir Kronologis, Diakronis, Sinkronis, Ruang dan Waktu dalam Sejarah.pptx

TUGAS 1

Ayoo berlatih!

Setelah kalian memahami uraian singkat materi dan contoh di atas, maka:

1. Apakah cara berfikir kronologis/diakronis dalam mempelajari sejarah ?

2. Bagamana manfaat penulisan sejarah yang menerapkan konsep kronologis?


TUGAS 2

Buatlah cerita sejarah dengan menggunakan konsep berpikir Sinkronik

ulangan harian 1

  1. Jelaskan perbedaan cara berpikir diakronik dan sinkronik!

  2. Sebutkan tema-tema penulisan sejarah sinkronik!

  3. Apa yang dimaksud kronologis dalam sejarah?

  4. Jelaskan konsep ruang dan waktu dalam sejarah!

ulangan harian kd 3.1

Klik tombol dibawah ini untuk mengerjakan Ulangan Harian KD 3.1

DAFTAR HADIR

PETUNJUK PENGUMPULAN TUGAS

Silahkan kirim tugas melalui Google Formulir di bawah ini.