Teks CERAMAH

TEKS CERAMAH

KOMPETENSI DASAR

3.5.Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

3.5.1.Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,

3.5.2.Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.

4.5.Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

4.5.1.Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun

3.6.Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah

3.6.1.Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.

3.6.2.Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.

4.6.Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.

4.6.1.Menyampaikan teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.

4.6.2.Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.

tUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :

  1. Menghayati dan mengamalkan materi Teks Ceramahsebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya

  2. Menguasai materi Teks Ceramahdengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi Teks Ceramahyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Teks Ceramahyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

PRESENSI SISWA

Sebelum kalian belajar kompetensi ini sesuai dengan jadwal pelajaran, silakan melakukan presensi dengan cara klik tombol absen di bawah ini

MATERI


WEBINAR

Jadwal Webinar

Webinar akan dilaksanakan pada:

  • Hari :

  • Tanggal :

  • Link Webinar :

Webinar menggunakan Google Meet. Silakan siswa menginstal aplikasi Google Meet di Smartphone dan untuk laptop cukup menggunakan browser Chrome.


Aturan dalam webinar:

  1. Setelah join siswa langsung mute audionya

  2. Nyalakan video

  3. siswa tidak diperkenankan melakukan share screen (tombol share screen jangan ditekan)

  4. Link absen dishare di kolom chat pada saat webinar berlangsung oleh pengajar

  5. Silakan nyalakan audio jika sudah masuk sesi tanya jawab

PENUGASAN MANDIRI

Kerjakanlah tugas di bawah ini

PENGUMPULAN TUGAS

Silakan klik tombol kirim tugas untuk mengirim penugasan mandiri

AYO BERLATIH

Banyak berlatih memudahkan pemahaman

UJI KOMPETENSI

Silakan klik tombol uji kompetensi untuk mengerjakan soal ulangan

HASIL AKHIR KOMPETENSI SISWA

Bagi siswa yang statusnya belum lolos kompetensi silakan mengulang lagi mengerjakan uji kompetensi dan bagi siswa yang sudah lolos silakan melanjutkan ke kompetensi selanjutnya