Kesetimbangan Kimia

kompetensi dasar


3.8 Menjelaskan reaksi kesetimbangan di dalam hubungan antara pereaksi dan hasil reaksi

4.8 Menyajikan hasil pengolahan data untuk menentukan nilai tetapan kesetimbangan suatu reaksi

3.9 Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dan penerapannya dalam industri

4.9 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan


tujuan pembelajaran

  1. Siswa dapat menyebutkan demonstrasi analogi kesetimbangan dinamis (model Heber)

  2. Siswa dapat menyebutkan reaksi kesetimbangan timbal sulfat dengan kalium iodida

  3. Siswa dapat menyebutkan reaksi kesetimbangan dinamis yang terjadi berdasarkan hasil pengamatan.

  4. Siswa dapat menyebutkanMenentukan harga tetapan kesetimbangan berdasarkan data hasil percobaan.

  5. Siswa dapat merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan (konsentrasi, volum, tekanan, dan suhu) dan melaporkannya.

  6. Siswa dapat melakukan perhitungan kuantitatif yang berkaitan dengan kesetimbangan kimia

  7. Siswa dapat menentukan komposisi zat dalam keadaan setimbang, derajat disosiasi (a), tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) dan hubungan Kc dengan Kp

  8. Siswa dapat menerapkan faktor-faktor yang menggeser arah kesetimbangan untuk mendapatkan hasil optimal dalam industri (proses pembuatan amonia dan asam sulfat)



kesetimbangan kimia

Kesetimbangan kimia terjadi pada reaksi kimia yang reversibel. Reaksi reversibel adalah reaksi yang di mana produk reaksi dapat bereaksi balik membentuk reaktan. Kesetimbangan kimia tercapai ketika laju reaksi maju sama dengan laju reaksi balik dan konsentrasi dari reaktan-reaktan dan produk-produk tidak berubah lagi.

rangkuman materi kesetimbangan kimia

KESETIMBANGAN KIMIA.pdf

kesetimbangan kimia

Silahkan download materi kemudian baca dan pahami!

latihan

KK 2.docx

kesetimbangan kimia 1


KK 3.docx

kesetimbangan kimia 2