Semester 1

PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS).

DIPERSILAHKAN MENGERJAKAN TUGAS TIDAK SESUAI PERTEMUAN

Isi Laporan Hasil Observasi

perkenalan

SILAHKAN PERKENALKAN DIRI ANDA TERLEBIH DAHULU. SAYA BERI WAKTU 5 MENIT.

UNGGAH IDENTITAS DAN FOTO ANDA DI LEMBAR PERKENALAN BERIKUT.

PENDAHULUAN

  • Selamat pagi anak-anak kelas X yang cerdas. Sebelum kita memulai pelajaran, silahkan berdo'a terlebih dahulu. Semoga kita selalu diberikan kesehatan.

  • Untuk materi Laporan Observasi ini dilaksanakan pada bulan Juli minggu ke- 3, 4 dan 5 (3 x pertemuan). Pastikan kalian juga melakukan absensi pada pertemuan sesuai dengan jadwal pelajaran Bahasa Indonesia (sesuai hari, tanggal dan waktu). Diakhir materi akan ada ulangan harian. Selamat belajar.

kompetensi dasar

3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tertulis

4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi peserta didik dapat merumuskan batasan tentang teks laporan hasil observasi , mengidentifikasi unsur-unsur teks laporan hasil observasi, Menyusun ringkasan isi pokok teks laporan hasil observasi, Menyimpulkan fungsi teks laporan hasil observasi, Melengkapi isi teks laporan hasil observasi, dan Membenahi kesalahan teks laporan hasil observasi, sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya melalui belajar bahasa Indonesia, mengembangakan sikap jujur, peduli, dan bertanggung jawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreativitas (4C).

mengisi DAFTAR HADIR harus sesuai jadwal pelajaran

MATERI PEMBELAJARAN

Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi

pembelajaran yang link berikut. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.

PERTEMUAN PERTAMA

ALUR BELAJAR

Pahamilah alur belajar teks laporan hasil observasi berikut.

ISI LAPORAN

Amati, beri tanggapan, kemudian praktekkan

MEMBACA MATERI

  • Silahkan baca materi pada web/blog dengan link/tautan dibawah ini berkaitan dengan mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan dan menyeleksi isi teks laporan hasil

PENUGASAN

Silahkan berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan dan seleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan. Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan di lembar pertanyaan.

pertemuan ke- 2

Bahasa Indonesia.pdf

AKU GEMAR MEMBACA

Silahkan baca materi di e-book Bahasa Indonesia

KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara tulis

  2. menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara tulis;

  3. memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

BACALAH ARTIKEL BERIKUT

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERTULIS

Telaahlah materi isi dan struktur teks laporan hasil observasi dari video tersebut.

Identifikasilah laporan isi hasil observasi secara tertulis

pertemuan ke-3

UJI KOMPETENSI

Anak-anakku siswa siswi Kelas X IIS 1 dan X IIS 2 yang hebat. Ulangan Harian akan dilakukan pada minggu pertama bulan Agustus. Karena sekolah kita mengikuti program Sekolah Sistem Kredit Semester (SKS) silahkan aktif dalam mencari informasi dan mengerjakan tugas tidak harus sesuai per pertemuan. Pelajari materi sesuai kemampuan anda. Tetap semangat belajar untuk meraih sukses.

ULANGAN HARIAN KELAS X IIS 2 TGL 5 AGUSTUS 2020

ULANGAN HARIAN KELAS X IIS 1 TGL 7 AGUSTUS 2020

SOAL LATIHAN KERJAKAN DENGAN TELITI


Sebelum melanjutkan materi, silahkan isi daftar hadir terlebih dahulu sesuai jadwal dan waktu mapel Bahasa Indonesia.


1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Teks 1 : Wayang (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 9 s.d. 11)

2. Teks 2 : D’Topeng Museum Angkut (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 16 s.d. 17)

3. Teks 3 : Ada Apa di D’Topeng Museum Angkut (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 22 s.d. 23)

2. Pengertian dan Unsur-unsur Teks Laporan Hasil Observasi

3. Prosedur menyusun ringkasan

1. Kegiatan Belajar

Ayo … … ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi!!!

Kegiatan Belajar 3

1. Bacalah contoh teks Wayang (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 9 s.d. 11)

2. Sekarang, kerjakan tugas-tugas berikut ini.

1) Buatlah pertanyaan terkait isi laporan Wayang tersebut, seperti:

(a) Informasi apa saja yang disampaikan dalam teks tersebut?

(b) Mengapa wayang ditetapkan sebagai mahakarya dunia?

(c) Ada berapa jenis wayang berdasarkan bahan pembuatannya?

(d) Apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya?

2) Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan singkat dan jelas.

3) Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?

4) Selanjutnya, presentasikan hasil kerjamu dalam kelompokmu!

Ayoo berlatih!

Kerjakan di buku kerja kemudian unggah tugas anda di kolom lembar tugas.

1. Berdasarkan hasil diskusi dalam kelompok, tulislah simpulan yang tepat berkaitan dengan struktur isi teks laporan hasil observasi.

2. Bacalah teks teks D’Topeng Museum Angkut (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 16 s.d. 17). Berdasarkan teks tersebut kerjakan tugas-tugas di bawah ini.

1. Apakah D’topeng Museum Angkut itu?

2. Sebutkan topeng apa yang disimpan di D’topeng?

3. Jelaskan bagaimana gambaran barang tradisional koleksi D’topeng?

4. Jelaskan bagaimana gambaran barang kuno koleksi D’topeng?

5. Apa manfaat D’topeng?


PERTEMUAN KE-4

Sebelum mulai materi silahkan isi daftar hadir sesuai jadwal pelajaran Bahasa Indonesia

A. Menyimpulkan Teks Laporan Hasil Observasi

Laporan hasil pengamatan untuk memenuhi tugas matapelajaran yang kalian susun selama ini merupakan salah satu fungsi teks laporan hasil observasi. Hal ini berarti teks tersebut dimaksudkan untuk memberitahukan atau menjelaskan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Hasil observasi terhadap suatu objek juga dapat berfungsi untuk memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait

suatu informasi. Selanjutnya, informasi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan kebijakan. Salah satu contohnya adalah teks laporan hasil observasi kerusakan lingkungan. Selain itu, banyak teks laporan hasil observasi yang dapat dijadikan bahan informasi untuk berbagai kepentingan. Teks laporan hasil observasi secara umum juga berfungsi sebagai alat pendokumentasian suatu objek atau suatu kegiatan.

Ayo berlatih!

Kerjakan pada buku kerjamu

Kerjakan pada buku kerjamu

Hasil Akhir Kompetensi Siswa

WEBINAR

Webinar akan dilaksanakan pada:

  • Hari :

  • Tanggal :

  • Link webinar :

Webinar akan menggunakan google meet, silahkan siswa menginstal aplikasi google meet/zoom pada smartphone dan laptop hanya menggunakan browser

Aturan dalam Webinar

  1. Setelah join siswa langsung mematikan (mute) audio.

  2. Nyalakan video

  3. Siswa tidak diperkenankan melakukan share Screen (tombol share screen jangan ditekan)

  4. Link Absen akan di share di kolom chat pada waktu webinar berlangsung