KD 3.3.1


kompetensi dasar

3.3. Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu)

4.3. Menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan



TujuanPembelajaran

Melalui pempelajaran Stad dan problem based learning mengenai materi tentang Manusia purba peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia, menjabarkan jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia, membandingkan antara jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia, menganalisis jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia berdasarkan corak kehidupannya, menganalisis terbentuknya lapisan tanah di Sangiran, menganalisis temuan fosil di Sangiran, menganalisis corak kehidupan purba di situs Sangiran, menganalisis temuan fosil di Trinil, menganalisis corak kehidupan purba di situs Trinil serta dapat membuat laporan tentang hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia yang masih berpengaruh dalam kehidupan masa kini pada lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggung jawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikirkritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).



MateriPembelajaran

Lihat dan baca pada BukuTeks

Sri Lestari, Dwi Maryati : SEJARAH INDONESIA untuk SMA/MA kelas X (Wajib); penerbit Media Tama


KD 3.3.1 Kehidupan manusia purba dan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.pptx



tugas mandiri

Ayoo berlatih!

Setelah kalian memahami uraian singkat materi dan contoh di atas, maka:

1. Apakah cara berfikir kronologis/diakronis dalam mempelajari sejarah ?

2. Bagamana manfaat penulisan sejarah yang menerapkan konsep kronologis?


daftar hadir


petunjuk pengumpulan tugas

untuk pengumpulan tugas dikirim di Google Classroom